Cyber Campus

Perkembangan dunia teknologi informasi saat ini telah berkembang sangat pesat, terutama dalam dunia pendidikan yang semuanya sudah dituntut untuk dapat menggunakan teknologi informasi sebagai bagian dari operasional sehari-hari. Saat ini di dunia pendidikan khususnya pendidikan tinggi berlomba-lomba menjadikan kampusnya berbasis teknologi. Sudah banyak perguruan tinggi dalam negeri yang mewujudkannya. Hal itu dilakukan untuk mewujudkan upaya suatu perguruan tinggi agar dapat menyandang status ‘world class university’. Tentu dibutuhkan banyak pengorbanan untuk menyandang status tersebut. Segala upaya yang dilakukan oleh perguruan tinggi akan mengacu pada terbentuknya cyber campus.

Cyber Campus adalah upaya untuk menjadikan kampus tersebut berbasis teknologi informasi. Usaha tersebut diterapkan di semua lini. Mulai dari proses belajar mengajar misalnya melakukan kegiatan KRS (Kartu Rencana Studi), KHS (Kartu Hasil Studi), Perwalian, Informasi biaya kuliah, Kuliah dengan menggunakan metode hybrid di kelas dan e-learning adalah proses yang lazim digunakan di sebuah universitas yang sudah menggunakan teknologi informasi.

Lalu bagaimana dampak cyber campus apabila hal itu diterapkan? Menurut saya banyak sekali hal positif yang dapat diperoleh dari diterapkannya konsep cyber campus misalnya saja kita dapat dengan mudah mengakses informasi yang berhubungan dengan mata kuliah kita. Hanya dengan membuka laptop akatu gadget yang kita miliki ditambah dengan akses ke internet kita dapat langsung mengakses informasi tersebut. Selain itu penggunaan fasilitas pendukung seperti lcd dan proyektor dapat membuat kegiatan belajar mengajar di kampus jadi lebih menarik dan efisien. Tapi tetap saja penerapan cyber campus juga tidak bisa lepas dari hal-hal yang berbau negatif seperti kasus pencurian data yang sering terjadi di dunia maya.

Jadi meskipun kita dimudahkan dengan adanya cyber campus kita tetap harus berhati-hati karena setiap hal positif pasti memiliki hal negatif didalamnya

Sumber

www.kompasiana.com

http://www.cybercampus.co/

http://tefur88.blogspot.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published.